Vaksinasi Covid-19 Mobile “Go Show” Kota Surakarta

Dinas Kesehatan Kota Surakarta telah mulai melaksanakan mobile vaksinasi pada Tanggal 15 Juni 2021, bertempat di Ngarsopuro. Vaksinasi mobile ini ditujukan untuk mendekatkan masyarakat terutama pra lansia dan lansia dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Surakarta. Adapun untuk kegiatan vaksinasi di semua puskesmas dan RS, masih berjalan sesuai jadwal.

 

Vaksinasi Go Show ini, diperuntukkan bagi warga Kota Surakarta (KTP Solo) usia 50 tahun keatas. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Disediakan kuota sebanyak 150 untuk calon penerima vaksin.

 

Di Indonesia, Vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilaksanakan pada Bulan Januari 2021. Pada Tahap Pertama diberikan untuk seluruh tenaga kesehatan berusia 18 – 59 tahun. Pada tahap kedua diberikan pada petugas publik dan lansia.

Selama pelaksanaan kegiatan dilakukan juga siaran keliling untuk menginformasikan kegiatan vaksinasi mobile.

Pelaksanaan siaran keliling mengambil rute di wilayah UPT Puskesmas Setabelan yaitu di Kelurahan Setabelan, Timuran, Ketelan dan Keprabon. Pelaksanaan vaksinasi mobile ini, didukung oleh institusi pendidikan kesehatan dengan mengirimkan personil tambahan untuk membantu petugas puskesmas.

Antusiasme warga masyarakat sangat tinggi, Warga masyarakat yang mendaftar melebihi dari target yang ditetapkan. Warga yang tidak kebagian kuota, dapat mendaftar ke puskesmas wilayah setempat atau mengunjungi vaksinasi mobile pada hari – hari berikutnya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Setelah vaksinasi, jangan lupa untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan 5 M

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan dengan sabun
  • Menjaga jarak
  • Menghindari kerumunan
  • Membatasi mobilitas

Leave a Comment